Sansevieria, Tanaman Hias Ramah Lingkungan


Sansevieria, tanaman hias yang ramah lingkungan. Sansevieria di kenal di Indonesia tanaman lidah mertua atau lidah jin atau tanaman pedang-pedangan. Sansevieria merupakan jenis tanaman hias indoor (dalam rumah) karena tanaman ini dapat tumbuh dengan kondisi air dan cahaya matahari yang sedikit. Selain itu sansevieria mempunyai keistimewaan yang Sansevieria tidak di miliki tanaman hias lain yaitu sansevieria mempu menyerap bahan beracun yang ada di sekitar kita seperti karbodioksida, formaldehyde, benzene, dll serta dapat mencegah polusi udara karena sansevieria hanya mengeluarkan gas O2 saja. Karena itu sansevieria di sebut tanaman hias yang ramah lingkungan.


Sebagai tanaman hias, sansevieria memiliki bentuk yang sederhana. Bantang sansevieria sepenuhnya terkubur di dalam tanah bersama akar. Sedangkan yang muncul di permukaan tanah hanya daunnya saja. Sansevieria memiliki daun keras, tegak, sukulen dengan ujung daun berbentuk runcing tajam. Berdasarkan bentuk daunnya, sansevieria di bagi menjadi 2, yaitu
  • Sansevieria yang berdaun panjang dan tumbuh menjulang tinggi dengan ukuran kurang lebih 50-75 cm, dan
  • Sansevieria yang berdaun pendek melingkar dalam bentuk roset dengan tinggi tak lebih dari 8 cm

Jenis-jenis Sanseviera

Berdasarkan jenisnya, sansevieria juga di kelompokan mnejadi2, yaitu:
  • Sansevieria asli
  • Sansevieria hibrid
Sansevieria memiliki warna daun yang beragam tergantung pada jenis spesiesnya. Ada sansevieria yang daunnya berwarna hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak,  dengan warna kombinasi putih, kuning atau hijau kekuningan di bagian tepinya. Motiv daunnya juga beragam diantaranya bermotif alur, ada alur yang mengikuti arah serat, alur memotong arah serat, alur tidak beraturan, garis-garis, zig-zag, dan atau ada juga sansevieria hibrid yang warna dan motif daunnya merupakan perpaduan dari hasil persilangan kedua induknya.

Sansevieria adalah tanaman hias yang mempunyai kemampuan beradaptasi sangat tinggi. Tanaman ini bisa tumbuh walaupun dengan asupan air yang sangat minim. Sedangkan pada kondisi tanah yang basah, sansevieria dapat tumbuh dengan subur. Saat ini tanaman hias sansevieria sedang populer. Selain karena tanaman hias ini ramah lingkungan, tetapi juga karena mempunyai manfaat dan kegunaan yang bergam. Untuk mengetahui manfaat dan khasiat sansevieria, silah tunggu artikel selanjutnya dalam kategori Manfaat dan Khasiat.
Comments
0 Comments

0 comments: