Jenis-jenis Buah Tomat | Macam-macam Tomat berdasarkan bentuk Buahnya

Jenis-jenis Buah Tomat. Tomat berdasarkan bentuk buahnya terbagi kedalam enam jenis. maing-masing jenis tomat ini memiliki karakteristik dan penampakan khusus sehingga akan sangat mudah untuk membedakan antara jenis tomat yang satu dengan tomat yang lain. Berikut ini adalah macam-macam jenis buah tomat yang ada di dunia.

Macam-macam jenis buah tomat

Secara umum, di kenal ada 6 jenis buah tomat, yaitu:

1. Tomat Plum

Tomat plum adalah sebutan untuk buah tomat yang bentuknya seperti buah plum. yaitu berbentuk bulat lonjong, berdaging tebal, mengandung banyak air dan berkulit tipis. Tomat plum mempunyai rasa yang agak masam. Di beberapa tempat di kenMacam-macam jenis tomatal dengan sebutan rampai. Tomat plum umumnya digunakan dalam berbagai masakan yang membutuhkan rasa segar seperti sambal terasi, tumis, sup,  serta di buat minuman seperti jus tomat atau rujak tomat.

2. Tomat Anggur

Tomat Anggur mempunyai bentuk serupa dengan buah anggur. Baik dalam hal bentuk ataupun untaiannya. Tomat anggur merupakan jenis tomat yang paling kecil diantara lainnya. Tomat anggur mempunyai bentuk yang bulat, berasa manis, dengan daging yang tidak tebal dan kadar air yang tidak terlalu banyak. Karena bentuknya yang seperti anggur dan rasanya yang manis, tomat ini sering di konsumsi begitu saja atau di gunakan sebagai salah satu bahan dalam salad buah. Tomat anggur juga jarang sekali dijumpai di Indonesia karena orang Indonesia memang jarang mengkonsumsi buah tomat secara negitu saja tanpa di masak terlebih dahulu.

3. Tomat Ceri

Tomat cerry ini hampir mirip dengan tomat plum. Namun mempunyai rasa yang lebih manis. Tomat ceri  ini bentuknya kecil agak lonjong, berasa manis dan mengandung banyak air. Ketika masih muda tomat ceri berwarna hijau pucat dan ketika sudah masak warnanya berubah menjadi orange ke merahan. Karena memiliki bentuk yang cantik, seperti halnya tomat anggur, tomat ceri juga biasanya digunakan sebagai pelengkap salad, garnising atau dimakan dalam keadaan segar.

4. Tomat Pear

Tomat pear ini memang mempunyai bentu yang sangat mirip dengan buah pear hanya saja ukurannya jauh lebih kecil. Tomat pear berasa manis dan memiliki warna beraneka ragam, yaitu merah, orange dan kuning. Meski bentuknya unik dan cantik, tapi tomat ini tidak populer di Indonesia. Kalaupun ada hanya di jadikan sebagai tanaman hias. tomat pear biasanya di konsumsi sebagai pelengkap salad atau penghias makanan.

5. Tomat Beef/Beefsteak

Tomat beef ini memiliki bentuk yang paling besar jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Selain bentuknya besar, daging buahnya juga tebal, bijinya tidak terlalu banyak dan kadar airnya sangat sedikit. Sehingga jika di iris tidak menjadi basah dan berair. Rasa tomat beef ini agak sedikit masam, dan sangat cocok di gunakan sebagai sayuran dan garnising pada sandwich atapun hamburger. Namun terkadang, tomat jenis ini juga di tambahkan dalam berbagai jenis sup, tumis, atau jenis masakan lainnya.

6. Tomat Hijau

Tomat hijau adalah istilah yang digunakan untuk menyebut tomat yang belum masak dan warnanya masih hijau. Tomat hijau dipanen saat masih mentah sehingga masih berwarna hijau, dengan rasa yang sedikit masam, dan kadar air yang masih sedikit. Tomat hijau biasanya di gunakan untuk memasak sambel cabe hijau, dan untuk menumis masakan yang membutuhkan sedikit rasa asam yang segar.

Bagikan :