Alat dan Mesin Pertanian | Alsintan

Alsintan atau alat dan mesin pertanian adalah sebutan yang digunakan untuk menyebut alat-alat atau mesin yang digunakan dalam bidang pertanian. Pada zaman dahulu, ketika manusia masih hidup di zaman purba tapi sudah mengenal pola bercocok tanam, alat pertanian yang mereka gunakan adalah berupa alat-alat dari batu atau kayu. Tapi di zaman modern ini, untuk bercocok tanam, manusia mencari kemudahan-kemudahaan dengan menciptakan alat yang bisa mempemudah proses bertani atau bercocok tanam. Dan alat yang di ciptakan untuk tujuan pertanian ini kemudian di kenal dengan istilah Alat dan mesin pertanian.

Alat dan mesin pertanian sesungguhnya mempunyai pengertian yang sangat jauh berbeda. Alsintan adalah dua kata yang di satukan. Berasal dari istilah alat pertanian dan mesin pertanian. Keduanyanya, baik alat maupun mesin mempunyai perbedaan dalam bentuk, tenaga pengerak dan proses yang dilakukan. Alat pertanian mempunyai bentuk dan mekanisme yang sederhana, dijalankan secara manusl dan proses yang dilakukan sedikit. Sedangkan mesin pertanian bentuk dan mekanismenya sangat kompleks, bekerja secara otomatis dan hasil proses yang di kerjakan sangat banyak.

Berikut ini adalah contoh alat-alat dan mesin pertanian yang sekarang banyak di gunakan di tingkat petani dari yang sederhana dan manual hingga yang modern dan otomatis.
Proses yang dikerjakan Alat pertanian Mesin pertanian
Membalik tanah Cangkul Traktor
Memotong rumput Sabit Sabit bergerigi
Menyiram tanaman ember / gembor Power Sprayer
Menanam biji Kayu tugal Mesin tugal

Untuk mengupas perihal alat dan mesin pertanian, satu persatu secara detail, Kebun Q khusus akan membuat entri dengan kategori Alat dan Mesin Pertanian di blog Kebun Q - The Perfect Gardener ini. Semoga bermanfaat.

Alat dan Mesin Pertanian | Alsintan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iis Lestari

0 comments: