Nama Latin Tomat | Nama Ilmiah Tumbuhan

Nama ilmiah Tomat. Nama latin tanaman Tomat adalah Solanum lycopersicum. Penamaan ini berdasarkan dari sistem klasifikasi makhluk hidup Carolus Linnaeus yang terkenal dengan istilah Binomial Nomenklatur atau tatanama binomial.  Tomat merupakan tanaman asli dari benua Amerika, tepatnya tomat berasal dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, Meksiko dan peru. Lalu menyebar ke seluruh dunia berkat jasa orang bangsa Spanyol. Meski begitu, di beberapa tempat di belahan dunia tomat di kenal dengan nama yang berbeda-beda. Itulah fungsinya mengetahui nama latin tumbuhan. Sebagai jempatan menuju ke saling pengertian. Berikut ini adalah nama latin dan klasifikasi ilmiah tomat.

Nama latin Tomat | Klasifikasi Ilmiah tumbuhan

Berikut ini adalah nama latin dan silsilah klasifikasi ilmiah tanaman tomat. Nama ilmiah tomat

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
    Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
             Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                 Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
                     Sub Kelas: Asteridae
                         Ordo: Solanales
                             Famili: Solanaceae (suku terung-terungan)
                                 Genus: Solanum
                                     Spesies: Solanum lycopersicum L.
                                         Sinonim: Lycopersicon lycopersicum, Lycopersicon lycopersicum

Selain memili nama ilmiah Solanum lycopersicum dengan nama sinonim Lycopersicon lycopersicum, Lycopersicon lycopersicum, dibeberapa tempat di dunia tomat di kenal dengan berbagai nama seperti berikut ini:

Nama Ilmiah
Ingris
Indonesia
Melayu
Jepang
Thailand
Philipina
Cina
Vietnam
: Solanum lycopersicum L
: Tomato
: Tomat
: Terung masam, tomato
: Tomato
: Ma khuea
: Kamatis
: Fan qie
: Ca tomach

Jika di lihat dari nama ilmiah tomat, maka bisa di ketahui bahwa tomat adalah famili dari terong-terongan (Solanaceae) dan keluarga dekat dari kentang (Solanum). Hal ini karena keduanya memiliki nama famili dan genus yang sama. Meski secara penampakan kentang sangat jauh berbeda dengan tomat. Seperti kita ketahui, kentang berbentuk umbi sedangkan tomat berbentuk buah. Jika anda bertanya kenapa memiliki nama genus yang sama, maka untuk mengetahuinya anda harus mempelajari sistem klasifikasi makhluk hidup.

Tomat terdiri dari beberapa jenis, ada tomat buah dan ada tomat sayur. untuk mengetahui jenis-jenis tanaman tomat, silahkan baca artikel selanjutnya di Kebun Q. Stay tune slalu untuk informasi umum lainnya.

Comments
0 Comments

0 comments: