Nama Latin Kenikir | Klasifikasi Ilmiah Cosmos caudatus

Nama latin Kenikir adalah Cosmos caudatus. Kenikir adalah tumbuhan tropis berbunga yang bisa hidup sepanjang tahun. Meski termasuk tumbuhan tahunan dalam genus Cosmos, tapi usia tanamnya tidak terlalu lama. Jika di biarkan mungkin bisa sangat lama, tapi biasanya, orang akan menggantinya dengan tanaman baru, ketika produksi daunnya sudah berkurang. Karena tanaman kenikir ini yang paling banyak di manfaatkan adalah bagian daun.

Kenikir adalah tumbuhan liar asli dari Amerika Latin hingga Amerika tengah. Bahkan sampai florida lalu menyebar ke seluruh penjuru dunia, hingga ke Indonesia. Konon katanya, penyebaran tumbuhan ini di bawa oleh para bangsa Spanyol. Tumbuhan ini banyak manfaatnya, mungkin karena itu bangsa spanyol membawa serta bibitnya dalam petualanganya menjelajah dunia.


Sangat mudah mengenali tumbuhan kenikir. Kenikir merupakan tanaman perdu yang berdaun majemuk yang bersilangan dan berhadapan. Tanaman ini memiliki bau yang khas, berbunga majemuk dan berakar tunggang. Daunnya berbentuk panjang-panjang dengan bunga ungu.  Tanaman ini berkembang biak dengan biji. Biji tua akan jatuh dengan sendirinya, lalu akan tumbuh menjadi tanamanbaru. cara mudah mengembang biakan kenikir adalah dengan mencari bibitnya di bawah batang kenikir. Karena biasanya di situlah, biji bunga kenikir jatuh lalu tumbuh menjadi tanaman kenikir baru.

Kenikir tergolong dalam famili Asteraceae dan dari genus Cosmos. Tapi tidak semua jenis kenikir bisa di konsumsi. Untuk melihat kenikir mana yang bisa di konsumsi dapat di kenali dari bunganya. Bunga kenikir yang biasa di konsumsi baik sebagai lalapan, ataupun obat herbal adalah yang berwarna ungu. Di malaysia, kneikir berbunga ungu ini di kenal degan sebutan Ulam Raja yang berarti salad/ lalapan untuk Raja. Di Indonesia, Kenikir sangat populer di jawa dan sumatra. Di jawa, biasanya kenikir di jadikan sayur untuk urap dan pecel. Di Sumatra untuk tempoyak.

Klasifikasi Kenikir
Kingdom:    Plantae
Divisi:           Spermatophyta
Kelas:           Magnoliophyta
Ordo:            Fabales
Famili:          Asteraceae
Genus:         Cosmos
Spesies:      Cosmos. caudatus


Nama lain kenikir: Ulam Raja (melayu), Suring (Jambi), Kenikir (jawa)
Bagikan :