Tulsi, Tanaman Keramat Berkhasiat Obat

Tulsi, Tanaman Keramat Berkhasiat Obat. Pernah mendengar tanaman Tulsi atau Holly Basil? Kalau anda pecinta serial Drama India Jodha Akbar pasti mengenalnya, karena toko utama dalam serial itu, Jodha Bai setiap pagi selalu melakukan arti puja dengan mengelilingi tanaman Tulsi sambil membaca mantra Gayatri (Gayatri Mantra). Tanaman Tulsi adalah tanaman dari genus Ocinum. Tanaman dari genus Ocinum yang vlcsnap-2015-03-12-12h43m36s2terkenal di Indonesia adalah kemangi dan selasih. Bagi masyarakat Hindu khususnya di India, tanaman Tulsi ini tergolong tanaman yang di keramatkan. Bahkan ada sebagaian komunitas yang melarang penggunaan atau pemanfaatan walaupun itu untuk di ambil khasiat obatnya karena ke sakralannnya. Tanaman Tulsi bagi mereka di anggap sebagai personifikasi Tulasi devi.
Dalam kesempatan ini, Kebun Q tidak dalam kapasitas untuk membahas kesakralan atau kekeramatan tanaman Tulsi atau Holly basil ini, tapi lebih ingin sedikit berbagi tentang manfaat dan khasiat tanaman tulsi. Sebagai tanaman keramat, Tulsi mempunyai banyak manfaat dan khasiat, baik dalam bidang kesehatan atau dalam bidang kuliner. Karena itu tanaman ini seringkali digunakan sebagai ingredient (komposisi) dalam berbagai ramuan obat ataupun sebagai garnish dalam masakan.  Tanaman tulsi termasuk dalam kelompok tanaman rempah-rempah.
Tanaman TulsiSejak ratusan tahun lalu, tanaman tulsi di gunakan dalam pengobatan Ayurveda. Dalam sistem pengobatan itu, tanaman tulsi di kenal sebagai adaptogen, yaitu substrat yang mempu mengontrol keseimbangan berbagai proses metabolisme tubuh dan mencegah stress. Selain itu tulsi juga mempunyai khasiat antibakteri, yaitu subtrat yang dapat mengusir dan membunuh bakteri. Itu hanya beberapa manfaat dan khasiat dari tanaman Tulsi, berbagai manfaat dan khasiat  tanaman tulsi yang lain adalah sebagai beriakut:

Manfaat dan Khasiat Tanaman Tulsi

Manfaat dan khasiat tanaman Tulsi antara lain adalah:
  1. Sebagai antioksidan yang mampu menetralkan radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat mencegah penuaan dini.
  2. Sebagai antiinflammation, mencegah pembengkakan dan mengurangi rasa sakit (pain killer).
  3. Sebagai insect repellent atau pengusir serangga terutama nyamuk. Karena itu tanaman ini dapat di tanam di depan jendela sehingga saat di buka tidak ada nyamuk yang masuk ke dalam rumah. Sebagai insect repellent yang berperan adalah aroma tanaman tulsi yang menyengat dan khas.
  4. Tanaman tulsi dapat di gunakan untuk mengobati berbagai macam keracunan, baik yang di sebabkan oleh logam mercuri ataupun gigitan hewan berbisa seperti ular dan kalajengking.
  5. Merupakan ingredient atau komponen dalam berbagai jenis obat/herb yang di gunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit diantaranya;  influenza ("flu"), flu babi, diabetes, asma, bronkitis, sakit telinga, sakit kepala, sakit perut, penyakit jantung, demam, hepatitis virus, malaria, stres, dan TBC .
  6. Minyat atsiri Tulsi saat ini sedang di teliti secara khusus untuk melihat kemampuannya dalam mengobati penyakit kanker.
karena khasiatnya yang melimpah, di beberapa tepat di dunia, tanaman ini di budidayakan secara intensif untuk keperluan pengobatan dan kuliner. Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana cara memanfaatkan tanaman tulsi, baik untuk pengobatan ataupun kuliner, admin Kebun Q akan membahasnya lebih lanjut dalam artikel yang akan datang. So, staytune di Kebun Q ya...


Bagikan :