Vertical Garden, Cara Berkebun di Lahan Sempit

Vertical Garden, Cara Berkebun di Lahan Sempit. Vertical Garden atauTaman Vertikal merupakan salah satu solusi yang dapat menjadi pemecahan masalah bagi mereka yang hobi berkebun tetapi tidak mempunyai lahan pekarangan. Disebut vertikal garden karena tanaman yang di tanam dalam pot disusun secara vertikal dan tidak sejajar seperti pada umumnya. Dengan cara demikian ruang yang di butuhkan untuk meletakan pot-pot tersebut sangat kecil sehingga tidak banyak memakan tempat.

Manfaat Vertical Garden

Vertikal garden merupakan solusi untuk berkebun bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Yang menginginkan udara yang segar di sekitar rumah tetapi tidak mempunyai banyak lahan untuk menanam tumbuhan hijau. Telah terbukti secara ilmiah bahwa tanaman hijau mampu mengurangi polusi dan menyegarkan udara. Di daerah perkotaan yang biasanya memiliki lahan terbatas, vertikal garden merupakan salah satu solusi yang mencerahkan.


Keindahan memang membutuhkan biaya. Jika ingin memiliki vertikal garden yang keren dan modern pastilah tidak murah. Rak-rak yang di gunakan untuk membangun vertikal garden ini biasanya terbuat dari bahan stainless steel yang anti karat. Sehingga meskipun terkena air dan panas, akan tetap bersih dan kinclong. Untuk memiliki rak-rak vertikal garden yang indah, dapat di pesan langsung di tokoh-tokoh alat-alat kebun, nursery.

Tapi jika anda ingin tetap memiliki kebun kecil di samping rumah dengan pola vertikal garden tetapi tak mau mengeluarkan biaya terlalu banyak, dapat di lakukan secara sederhana. Yaitu denga memanfaatkan barang-barang bekas di sekitar anda. Ada banyak wadah bekas yang jika di olah dengan sedikit gaya akan terlihat indah. Salah satunya adalah dengan menggunakan botol Aqua bekas yang berukuran besar seperti yang di lakukan oleh saudara Muhammad Labib Naufaldi di Mulanovich.blogspot.

Vertikal garden dapat di gunakan untuk menanam tanaman apa saja, tetapi tentu saja yang sesuai dengan besar dan kecil pot nya. Bisa di tanami sayuran berumur pendek ataupun tanaman hias yang tidak berkayu. Untuk melihat contoh vertical garden silah lihat gambar di samping.
Bagikan :