Cara membuat Kecap Ikan

Cara membuat Kecap Ikan. Kecap ikan adalah kecap yang di buat dari hasil fermentasi daging ikan yang di haluskan. Ikannya bisa ikan apasaja, tapi umumnya yang d gunakan adalah ikan laut. Di Indonesia, Kecap ikan sudah terkenal tapi tidak umum di gunakan. Mungkin karena harganya yang relatif mahal di bandingkan kecap biasa yang dibuat dari sari kedelai. Kecap ikan  banyak di gunakan sebagai bahan tambahan masakan di negara-negara Asia seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, China, Jepang, dll. Kecap ini biasanya di tambahkan di dalam masakan berbahan dasar ikan, seperti seafood, dll. Rasanya biasanya gurih sedikit asin. Cocok bagi mereka yang gemar memakan masakan laut.

Cara membuat Kecap Ikan

kecap ikanJika anda tinggal di tepi laut, kampung nelayan atau di dekat TPI (tempat pelelangan ikan), membuat kecap ikan sendiri mungkin lebih umum di lakukan. Selain lebih murah dari pada beli kecap ikan yang sudah jadi, karena di olah sendiri pasti lebih percaya diri untuk mengkonsumsinya. Sebenarnya, cara membuat kecap ikan dapat di lakukan dengan 2 cara, yaitu:

  • Membuat kecap ikan cara tradisional, dilakukan hanya dengan penambahan garam, waktu fermentasi berlangsung sangat lama, 3-4 bulan.
  • Membuat kecap ikan cara konvensional adalah dengan menambahkan enzim protease untuk mempercepat perombakan protein, cara ini hanya membutuhkan waktu 3 hari.

Meski cara konvensional lebih cepat dalam prosesnya, tetapi kualitas kecap yang di hasilkan kurang bagus di bandingkan dengan cara tradisional, baik dari segi rasa ataupun aroma. Jadi saya sarankan, jika hanya untuk konsumsi sendiri saja, ada baiknya kalau pembuatan kecap di lakukan secara tradisional.  Karena meski proses fermentasi berjalan sangat lambat, tetapi cara membuatnya sangat sederhana. Dalam kesempatan ini, saya ingin membagi pengetahuan cara membuat kecap ikan secara tradisional yang sering di lakukan oleh nenek saya di rumah.

Alat dan Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kecap ikan

Alat Bahan
  • Pisau
  • Baskom
  • Gentong Kayu
  • Ikan 1 kg
  • Garam 200 gram

Cara membuat kecap ikan secara tradisional

  1. Bersihkan ikan, buang sisik dan isi perutnya, lalau cuci bersih
  2. Masukan ikan ke dalam gentong kayu dengan cara di susun rapi beberapa lapis. Setiap lapisan taburi garam secukupnya. Lapisan teratas harus di taburi dengan garam yang lebih tebal.
  3. Tutup permukaan ikan bagian atas dengan tutup yang terbuat dari anyaman bambu dan beri pemberat
  4. Biarkan selama 3-4 bulan hingga terbentuk cairan di dasar gentong.
  5. Cairan di casar gentong itulah yang di sebut kecap ikan, warnanya biasanya kuning kecoklatan dengan bau yang khas dan rasa sedikit asin.
  6. Untuk menjaga kesegaran kecap ikan, jemur di bawah matahari selama beberapa hari agar terjadi evaporasi dan kecap menjadi sedikit kental.
  7. Jangan di panaskan secara langsung di atas api, karena dapat merusak tekstur dan aromanya.
  8. Simpan kecap yang sudah kental di dalam botol, siap untuk di konsumsi.

Selain ikan, dapat juga di gunakan udang, cara pembuatan kecap udangnya juga hampir sama dengan langkah-langkah cara bikin kecap ikan diatas.

Bagikan :