Halaman

Nama Latin Dandang Gendis | Klasifikasi Ilmiah

Nama Latin dandang gendis adalah Clinacanthus nutans Lindau. Dandang gendis merupakan salah satu tanaman pagar yang memiliki khasiat dan manfaat sebagai tanaman herbal. Tanaman dandang gendis sering di sebut juga sebagai dandang gulo sehingga seringkali menimbulkan kerancuan dengan keberadaan tanaman dandang gulo yang asli yang memiliki nama ilmiah Mischocarpus sundaicus BL

Dandang gendis sangat terkenal di wilayah asia, seperti China, Thailand, Malaysia , India, bahkan di Indonesia sendiri. Di Thailand, dandang gendis di kenal sebagai anti bisa /anti racun dari berbagai jenis hewa berbisa seperti ular, kalajengking hingga bisa tumbuhan jelatang.  DI cina, dandang gendis di manfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit inflammatory seperti haematoma, rheumatism, kejang dan kebas, dll. Begitu banyak manfaat dan khasiat Dandang gendis, untuk mengetahuinya dapat di baca di SINI.

Untuk mencegah kekeliruan yang fatal karena menyangka tanaman lain yang memiliki nama hampir sama yaitu dandang gula, Kebun Q ingin berbagi tentang apa itu dandang gendis melalui klasifikasi ilmiah dan gambar tumbuhannya.

Klasifikasi Ilmiah Dandang Gendis (Clinacanthus nutans Lindau)

Kingdom:  Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom:  Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Super Divisi:  Spermatophyta (Menghasilkan biji)
            Divisi:  Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                 Kelas:  Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
                     Sub Kelas:  Asteridae
                         Ordo:  Scrophulariales
                             Famili:  Acanthaceae
                                 Genus:  Clinacanthus
                                     Spesies: Clinacanthus nutans Lindau

 

Selain nama latin seperti yang tertera dalam klasifikasi ilmiah diatas, dandeng gendis memiliki nama-nama lain yang berbeda cara penyebutannya di berbagai negara, diantaranya:

  • Malaysia: Belalai Gajah
  • Thailand: Saled Pangpon tua mea
  • Inggris: Sabah Snake Grass
  • Indonesia: Dandang gendis, Gendis, Ki tajam, dll.

No comments