Nama Latin Tanaman Harendong, Senggani atau Kemanden | Tingkat Klasifikasi Ilmiah

Nama Latin tanaman Harendong. Nama ilmiah tanaman Harendong atau Senggani adalah Melastoma candidum. Tanaman ini merupakan tanaman perdu yang tumbuh liar di dataran tinggi yang banyak mendapat paparan sinar matahari. Harendong tumbuh secara merumpun dengan posisi tegak berdiri dengan ketinggian rata-rata adalah perdu tegak setinggi 0,5m – 4m. Harendong adalah jenis tanaman berkayukeras, berbunga unggu dan berbuah berwarna ungu seperti tinta.

Daun harendong Harendong banyak tumbuh di lereng-lereng gunung, tanah lapang sebagai tumbuhan liar atau bahkan ada yang membudidayakannya sebagai tanaman hias untuk di tanam di daerah objek wisata. Akar tanaman Harendong yang menghujam dalam ketanah membuat tanaman ini sangat bagus untuk di tanam sebagai vegetasi pencegah erosi.

Ciri daun harendong yang paling umum dan membedakannya dengan tanaman perdu lain adalah bentuk daunnya yang bulat telur dengan ujung lancip, berbulu, dengan permukaan yang kasar. Selain itu dari buah harendong yang unik. Bentuknya kecil-kecil bergerombol berwarna ungu seperti anggur tetapi dalam ukuran yang lebih kecil, permukaannya berbulu dan kalau di pijit akan mengeluarkan cairan seperti tinta. Untuk melihat seperti apa daun harendong silah amati gambar di samping ini.

Tingkat Klasifikasi Ilmiah tanaman Harendong

Kerajaan:    Plantae
      Divisi:    Magnoliophyta
           Kelas:    Magnoliopsida
               Ordo:    Myrtales
                 Famili:    Melastomataceae
                     Genus:    Melastoma
                         Species:  Melastoma candidum

Nama Latin Tanaman Harendong, Senggani atau Kemanden | Tingkat Klasifikasi Ilmiah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iis Lestari

0 comments: